Tata Cara Niat Dan Bacaan Sholat Dhuha Arab Latin Dan Artinya

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Sholat Dhuha Arab Latin Dan Artinya - Sholat Dhuha ditangani pada saat sesudah terbit matahari sampai mendekati masuk saat dhuhur. Tanda-tanda saat shalat dhuha ini diawali dari matahari yang mulai keluar serta naik kurang kebih sepenggelah serta selesai hingga sedikit mendekati masuk saat sholat dhuhur.

Namun, tambah baik dikerjakan atau disunnahkan untuk ditangani saat matahari agak tinggi serta panas juga agak terik. Sedang bacaan surat pendek yang di baca saat sholat dhuha yaitu disunahkan membaca surat Asy-Syam pada rakaat pertama serta surat Al-Lail pada rakaat ke-2.

Lakukan sholat dhuha ini dapat dua rakaat dengan 1x salam. Untuk jumlah maksimumnya, tiap-tiap pendapat dari semasing ulama pastinya tidak sama. Ada yang memiliki pendapat maksimum kerjakan sholat dhuha yaitu 8 rakaat, ada pula yang menyebutkan 12 rakaat, serta ada pula yang menyebutkan kalau tak ada jumlah maksimum dalam kerjakan sholat dhuha.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Sholat Dhuha Arab Latin Dan Artinya

Dengan terdapatnya ketidaksamaan itu, kita tidaklah perlu bingung untuk pilih mana yang benar. Karena Allah SWT pastinya suka pada hamba-Nya yang perbanyak beribadah dan tidak melarang. Jadi tambah baik untuk anda untuk kerjakan sholat dhuha sedapatnya.

Tata Cara Sholat Dhuha

Untuk anda yang ingin mengerjakan sholat dhuha tetapi belum mengetahui tata cara sholat dhuha. Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat dhuha.

Pertama yang harus dilakukan adalah membaca niat. Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

ﺃﺻَﻠِّﻲ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟﻀُﺤَﻰ ﺭَﻛَﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌﺎﻟﻰَ

“Usholli sunnatatd-dhuha rak’ataini lillahi ta’alaa”.
Yang artinya “aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Selanjutnya membaca doa iftitah, surat al-fatihah, dan membaca salah satu surat yang terdapat dalam Al-Qur’an, tetapi lebih diutamakan membaca surat Adh-Dhuha, Asy-Syamsu, Al-Lailu, dan Surat Asy-Syarh.
Lalu melakukan ruku’ dan membaca tasbih tiga kali.
Selanjutnya I’tidal dan membaca bacaannya.
Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali.
Lalu duduk di antara dua sujud dan membaca bacaannya.
Setelahnya sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali.
Selanjutnya lakukan rakaat kedua seperti cara rakaat pertama tanpa membaca niat dan doa iftitah.
Lalu kerjakan tasyahud akhir.
Yang terakhir salam dua kali.
Seusai salam, dianjurkan untuk berdzikir lalu membaca do’a setelah sholat dhuha.

Sekian info tentang sholat dhuha dari mulai ketahui saat sholat dhuha, kemauan sholat dhuha bersama tata langkah sholat dhuha, doa sholat dhuha sampai keutamaannya. Mudah-mudahan dapat menaikkan pikiran keagamaan kita semuanya. Aamiin

Advertisement