Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Karena Zina

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Karena Zina - Sholat taubat adalah satu diantara sholat sunah yang dikerjakan jadi bentuk pertaubatan kita pada Allah SWT. Mengenai sholat taubat tersebut sesungguhnya tidaklah terlalu berlainan dengan sholat taubat nasuha cuma saja ada penambahan kata nasuha. Sholat taubat nasuha ini dikerjakan oleh seseorang muslim yang sudah mengaku beberapa kekeliruannya pada Allah, dosa yang ditujukan di sini adalah dosa besar hingga seoarang muslim itu mesti lakukan sholat taubat nasuha untuk memohon ampunan pada Allah lalu ia mesti berjanji kalau ia akan tidak mengerjakannya sekali lagi sesudah sholat itu dikerjakan.

Mengenai kekeliruan yang digolongkan jadi dosa besar itu diantaranya : berzina, syirik, membunuh, durhaka pada orangtua, musrik, menelan harta anak yatim atau piatu, korupsi serta masih tetap ada sekali lagi. Pastinya dengan dikategorikannya dosa-dosa besar ini agar kita kaum muslim selalu waspada dan mengerti saat sudah lakukan dosa itu supaya cepat bertaubat yakni dengan lakukan sholat taubat nasuha.

Sholat taubat ini dikerjakan sejumlah 2 rakaat serta maksimum 6 rakaat. Kita disarankan untuk lakukan sholat taubat ini saat malam hari, tambah baik bila sesudah sholat Isya hingga sholat taubat semakin lebih khusyuk saat dikerjakan dalam kondisi tenang. Tetapi bila kita menginginkan selekasnya mengerjakannya tidak apa-apa bila dikerjakan saat pagi, siang maupun sore jadi tak ada ketetapan mesti malam hari. Karna taubat itu makin cepat dikerjakan jadi juga akan makin baik. Dengan catatan kita harus juga tahu kapan kita tidak diijinkan untuk lakukan sholat sunnah.

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Karena Zina

Pertama Niat Sholat Taubat

Niat sholat taubat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ ركَعْتَيْنِ للهِ تَعَالَي


Artinya: “Saya niat sholat sunnah taubat dua rokaat karena Allah".
Ketiga, Sholatlah 2 (Dua) Raka’at Seperti Biasa, dengan Penuh Kekhusyuan.

Mengenai bacaan sholatnya, pada raka’at pertama membaca surat al-Fatihah dan surat al-Kafirun. Kemudian pada raka’at kedua membaca surat al-Fatihah dan surat al-Ikhlas.
Kedua, Setelah Salam Membaca Istighfar 100 Kali


أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ


Atau boleh juga ditambah seperti ini,


أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ اَلَّذِي لَاإِلٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ


Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia, Tuhan yang selalu hidup lagi terjaga, dan aku memohon taubat kepada-Nya."

Ketiga, Doa Sholat Taubat

Setelah istighfar, bacalah doa dibawah ini:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى أَسْاَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَافَةً تَحْجُزُنِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فَالأُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ. سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ.


Artinya: “Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk (hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

Membaca doa sayyidul istighfar

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ


Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan."

Itulah yang dapat kami sajikan tata cara bacaan niat dan doa setelah sholat taubat dalam tulisan arab latin lengkap dengan artinya, serta keutamaan pelaksanaan sholat taubat dari berbagai macam dosa yang telah kita lakukan sebelumnya, semoga dengan melaksanakan shlota taubat ini kita mendapatkan ampunan dari Alloh AWT.

Advertisement